Abu Aisyah

Al Liin Dan Ar Rifq – akhlaq da’i


images

 

Al liin : Sifat lemah lembut,akhlaq yang baik,banyak memaafkan, tidak terburu-buru marah dan bersikap kasar jika muncul satu kesalahan dari kaum muslimin.

Ar Rifq: lawan dari kekasaran dan mengandung sikap lemah lembut,ucapan dan perbuatan yang halus serta  mengambil jalan yang paling mudah.

Dr. Fadhl Ilahi berkata:

” yang diinginkan dari al liin dan ar rifq adalah al mudaroh seperti dikatakan al aini,”itu adalah sikap lembut terhadap orang jahil yang sembunyi-sembunyi ketika melakukan kemaksiatan dan bersikap lunak dengannya sampai dia mengembalikan orang jahil itu dari keadaannya.”Ibnu Bathol berkata,”Mudaroh termasuk akhlaq orang-orang yang beriman yaitu rendah hati kepda manusia, lemah lembut dalam ucapan, dan tidak kasar terhdap merka. demikian ini termasuk sebab terbesar untuk mempersatukan hati.Sebagian mereka mengira bahwa mudaroh itu dianjurkan sedangkan mudahanah(basa-basi) diharamkan. Perbedaanya adalah bahwa mudahanah dari kata ad dihan yang artinya orang yang menampakkan sesuatu dan menyembunyikan batinnya. Dan Para ulama menafsirkan mudahanah ialah dia bergaul dengan orang fasiq dan menampakkan keridhoan dengan perbuatannya tanpa mengingkarinya. Sedangkan mudaroh adalah bersikap lemah lembut terhadap orang jahil dalam mengajarinya dan terhada orang fasiq dalam mencegah perbuatannya, tidak bersika kasar kepadanya ketika ia tidak menampakkan perbuatannya, serta mengingkarinya dengan perbuatan dan perkataan yang halus apalagi ketika dibutuhkan untuk membujuk hatinya.”

About these ads

One thought on “Al Liin Dan Ar Rifq – akhlaq da’i

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s