Permata

Kualifikasi permata


mineral harus memenuhi persyaratan berikut yang merupakan syarat sebagai batu permata-. Sebuah batu permata mungkin tidak memiliki semua kualitas yang disebutkan di bawah ini, tapi berlian memenuhi semua kondisi dan sangat dihargai sebagai permata.
1. Kemegahan atau keindahan batu tergantung pada warna, kilau, permainan warna dan kecermelangan. Properti ini dibahas secara rinci dalam bab tersendiri. Sebuah berlian berwarna memiliki semua sifat ini, tapi sangat jarang. Rubi dan zamrud memiliki warna yang indah, tetapi mereka tidak memiliki kecermelangan. Opal menarik hanya karena permainan warna. Batu-batu kasar sering disebut kerikil membosankan, tapi memotong dan memolesnya akan memperbaiki sifat mereka. Batu keras memiliki kilap lebih baik daripada yang lembut.
2. ketahanan.-batu mulia harus setidaknya lebih keras daripada partikel debu di udara. Jadi mereka harus lebih keras daripada kuarsa, atau jika tidak mereka akan mudah tergores dan rusak dengan cepat. Berlian, ruby, zamrud dan safir lebih keras daripada kuarsa.
3. Kelangkaan.- Ini merupakan aspek yang berharga dari permata yang telah dibahas.
4. Tren Fashion.- Fashion memainkan peran besar dalam nilai permata. Sebuah permata mungkin sangat populer di beberapa periode dan menjadi usang pada periode lain. Beberapa warna yang selalu disukai, misalnya biru, merah dan hijau, sedangkan kuning tidak terlalu disukai. Ruby, safir dan zamrud sudah sangat populer di India Selatan, namun berlian kini telah menjadi fashion oleh orang-orang kelas menengah dan kaya. Batu tertentu bisa mencapai popularitas lokal karena produksi mereka dan ketersediaan yang mudah di sana.